the blog

Latest news.
Standar Keamanan untuk DeFi

Standar Keamanan untuk DeFi

Standar Keamanan untuk DeFi –¬†Industri aset kripto dan keuangan terdesentralisasi (Decentralized Finance/DeFi) telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.¬†Hasilnya, miliaran dolar terkunci dalam protokol DeFi, yang menarik para penjahat dunia maya yang telah mengeksploitasi titik-titik rentan di seluruh industri tersebut.

Protokol DeFi telah menjadi target utama dari banyak serangan, yang mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi pengguna. Pada tahun 2022, serangan kripto menyebabkan pencurian aset digital sebesar $3.800.000.000, menurut laporan Chainalysis.

Dalam upaya untuk meningkatkan keamanan protokol DeFi, sekelompok pengembang Ethereum telah mengusulkan standar baru yang disebut ERC-7265.

ERC 7265 adalah standar token yang diajukan untuk blockchain Ethereum yang berfokus pada penciptaan aset kripto yang unik dan dapat dikoleksi (collectible). Token yang sesuai dengan standar ERC 7265 akan memiliki karakteristik non-fungible dan semi-fungible, memungkinkan pengelolaan koleksi digital yang efisien.

Standar ini memperkenalkan mekanisme pemutus sirkuit yang dapat membantu mengurangi risiko dunia maya dan meningkatkan keamanan dengan sementara menghentikan aliran token ketika ambang batas yang telah ditentukan terlampaui.

Bagaimana ERC-7265 Mencegah Risiko DeFi?

Pengenalan standar token ERC-7265 dapat membawa manfaat bagi protokol DeFi, terutama dalam hal risiko terkait keamanan. Ada beberapa cara standar baru ini membantu protokol DeFi.

Peningkatan keamanan adalah salah satu fitur utama standar baru di lingkungan DeFi. Keterlibatan mekanisme pemutus sirkuit akan membantu DeFi mengurangi kerugian yang signifikan ketika menghadapi tindakan jahat apa pun. Menjeda aliran token membantu menjaga aset digital.

Stabilitas protokol yang ditingkatkan adalah faktor lain yang berkontribusi terhadap standar baru ini. Mekanisme ini mencegah transfer token ketika mencurigai adanya aktivitas atau kondisi pasar yang tidak menguntungkan. Praktik seperti itu membantu pengguna protokol menyelesaikan masalah, meningkatkan kepercayaan diri dan kepercayaan individu terhadap DeFi dan dunia kripto.

Lapisan keamanan ekstra akan ditambahkan ke protokol Ethereum, dan semua kredit akan masuk ke standar ERC-7265. Mekanisme ini memudahkan pengembang untuk menunda penyelesaian kontrak atau mengubah transfer token ketika menghadapi peretasan apa pun. Selain itu, standar baru ini juga akan melindungi pengguna protokol DeFi serta menawarkan penyesuaian dalam standar keamanan.

Kelebihan dan Kekurangan Standar ERC-7265

Proposal Peningkatan Ethereum hadir dengan beberapa manfaat yang meningkatkan posisinya di ruang kripto termasuk peningkatan keamanan, fleksibilitas, pengurangan kerugian, dan adopsi yang luas.

Mekanisme ini hanya membantu individu mengurangi risiko keamanan dan melindungi pengguna dari serangan berbahaya. Konsep ini juga akan mengurangi kemungkinan serangan pinjaman kilat, sehingga membatasi penyerang untuk menguras dana protokol. Selain itu, tingkat fleksibilitas yang tinggi bagi pengembang dan penyesuaian untuk pencegahan serangan meningkatkan nilai standar dalam ruang kripto.

Namun, konsep ini memiliki beberapa kelemahan terutama terkait dengan implementasi, penerimaan, dan kompatibilitas. Keterlibatan pemutus sirkuit tingkat tinggi dapat menghentikan seluruh jaringan. Tidak ada jaminan bahwa pemutus sirkuit kompatibel dengan protokol DeFi yang berbeda. Selain itu, pembaruan ini memerlukan dukungan dari komunitas.

Kesimpulan

Konsep Standar ERC-7265 diperkenalkan untuk memitigasi risiko dan masalah yang terkait dengan protokol DeFi, terutama terkait keamanan. Keterlibatan mekanisme pemutus sirkuit menambah lapisan keamanan pada protokol DeFi, yang dapat menyebabkan penurunan peretasan dan serangan dalam waktu dekat.

Spread the love
Author:

Kami di sini dengan satu misi untuk membantu pemilik bisnis memulai, meningkatkan, dan mengembangkan bisnis mereka secara berkelanjutan yang benar-benar bermakna saat ini dan di masa depan.

Subscribe to my newsletter! Get FREE RESOURCES to grow and expand your business

Loading